BAB I
A. Latar Belakang
Internet merupakan salah satu produk teknologi informasi dan komunikasi yang
cukup banyak mempengaruhi berbagai sektor, termasuk pendidikan. Bahkan internet
dianggap sebagai dunia baru yang penuh pesona yang dapat memikat siapa saja yang
berinteraksi dengannya. Hal ini seharusnya dimaknai sebagai peluang yang harus
dimanfaatkan oleh guru untuk dapat menawan hati para siswa untuk lebih gemar dan
giat belajar, begitu pula oleh staf administrasi pendidikan untuk menfasilitasi
pelaksanaan manajemen sekolah, khususnya dalam menjalin kerjasama dengan pihak
lain dalam rangka pengembangan sekolah yang lebih baik.
Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa penggunaan internet dalam
embelajaran dapat menjadi suplemen yang bermanfaat dan memiliki pengaruh
positif terhadap penyelesaian tugas-tugas siswa, serta kegiatan internet lebih holistic
dibandingkan dengan media lainnya seperti CD-Rom. Selain itu, penggunaan internet
mendorong terjadinya kolaborasi pembelajaran antar siswa atau kelas antara satu
sekolah dengan sekolah lainnya dengan menembus batas ruang dan waktu (Stepp-
Greany, 2002; Graus, 1999; Choi dan Nesi, 1999, Noni, 2004).
Uraian tersebut di atas menunjukkan bahwa penggunaan internet menjanjikan hasil
yang lebih baik. Bahkan dengan tersedianya sumber belajar otentik yang cukup
banyak dan bervariasi akan menfasilitasi guru untuk menyajikan konsep kepada siswa
dan siswa untuk lebih mudah memahami konsep yang diberikan. Dalam konteks
manajemen sekolah, sekolah dapat memanfaatkan internet sebagai wadah untuk
memperkenalkan sekolah kepada pihak lain melalui situs web sekolah. Bahkan
internet bisa dijadikan sebagai wadah untuk menjalin kerjasama dengan lembaga lain
dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di sekolah yang bersangkutan.
B. Rumusan masalah.
Adapun rumusan masalah dalam penugasan observasi ini adalah :
1. Aplikasi yang diobservasi adalah peranan internet di SD.
2. Mewawancarai guru mata pelajaran.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Internet.
Manfaat Internet Sebagai Media Pendidikan.Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metode konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.
Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu
a. sebagai media interpersonal dan massa;
b. bersifat interaktif,
c. memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron.
Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional.
Teknologi internet menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Dan dapat dimodifikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list, dan chatting. Metode ini mampu menghilangkan jarak antara pakar dengan pelajar.
Beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi :
•arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat;
•kemudahan mendapatkan resource yang lengkap,
•aktifitas pembelajaran pelajar meningkat,
•daya tampung meningkat,
•adanya standardisasi pembelajaran,
•meningkatkan learning outcomes baik kuantitas/kualitas.
B. Kegunaan Internet bagi Mata Pelajaran Matematika
Sudah saatnya para guru SD memanfaatkan Internet tersebut sesuai kebutuhan siswa untuk meningkatkan proses pembelajaran di kelas. . Penilaian Untuk mengetahui tingkat penguasaan dan pemahaman guru dengan materi di Modul 1 dan Modul 2, pilihlah topik dari Bilangan, Aljabar, Geometri, maupun Statistika yang akan guru gunakan untuk pembelajaran di kelas.
Hanya sedikit siswa yang dapat mengakses internet. Karena bukan hanya di sekolah dikenalkan internet, mungkin orang tua atau saudara mereka juga dapat mengenalkan internet.Dan mungkin juga fasilitas internet telah tersedia dirumah siswa tersebut.Dengan adanya fasilitas internet siswa dapat mengerjakan tugasnya dengan cepat. Contohnya, gambar-gambar bangun datar, Guru dapat menunjukkannya kepada siswa gambar-gambar yang telah di ambil dari internet.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Sebagai Kesimpulan berdasarkan hasil wawancara saya dengan guru yang mengajar mata pelajaran Matematika di SDsw.HKBP no.2 ini mengatakan bahwa, peranan Internet sangat penting bermanfaat di bahas untuk anak SD apalagi untuk pelajaran Matematika. Guru telah memperkenalkan Internet dan membahasnya di sekolah. Tetapi pengenalan internet bagi siswa belum efektif dilakukan di karenakan jaringan Internet belum masuk ke sekolah ini. Guru hanya bisa membahas teori dan tidak dapat mempraktekkan secara langsung kepada siswa. Dan hanya sebagian murid yang bisa mengakses internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar